Makanan Sehat Untuk Bayi Umur 11 Bulan

Untuk ibu usai melahirkan bayi pasti akan merasa senang sebab akhirnya ibu sudah dapat melihat buah hati yang selama ini telah tumbuh di dalam kandungan ibu selama 9 bulan lamanya. Dan menjadi orang tua ibu pasti ingin semua yang terbaik untuk si kecil kesayangan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Bahkan untuk itu ibu rela melakukan semua hal untuk mereka, termasuk memberi makanan yang bernutrisi tinggi agar mereka dapat tumbuh dengan baik. Pasti sebagian besar ibu ingin bayinya gemuk dan juga sehat. Oleh sebab itu banyak ibu ingin tahu makanan bayi 11 bulan agar cepat gemuk berikut ulasannya:

  1.       Kentang

Pixabay.com

Yang sudah kita tahu bahwa kentang mempunyai kandungan karbohidrat yang banyak dan dapat dipakai untuk pengganti nasi. Bila ibu ingin bayinya untuk bisa cepat gemuk dapat memberinya kentang sebab kandungan karbohidratnya yang bisa membantu bayi bisa cepat gemuk.

Ibu dapat mengukus kentang lalu membukanya kemudian campur dengan keju parut agar bayimu menyukainya. Selain itu ibu juga tidak perlu khawatir sebab kentang ini mudah untuk dicerna dan aman untuk usus bayi. Kentang juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada pada ususnya.

  1.       Susu formula

Bila kamu ingin berat bayi 11 bulan kamu dapat naik dan menjadi gemuk sebaiknya ibu perlu dengan rutin memberinya susu formula. Susu formula yang dikonsumsi rutin setiap hari dapat membuat bayi menjadi gemuk sebab didalamnya ada kandungan gula alami. Ibu dapat memilih susu formula yang di dalamnya ada kandungan gula alami yang tinggi yang bisa dilihat pada kemasannya. Tetapi perlu diingat bahwa ibu jangan memberinya susu formula saja tetapi juga tetap memberi bayi MPASI seperti bubur bayi organik serta ASI tentunya.

  1.       Daging merah atau daging sapi

Makanan bayi 11 bulan agar cepat gemuk selanjutnya ada daging sapi. Daging merah memiliki banyak kandungan zat besi, protein dan kandungan lemak yang banyak yang bisa membantu bayi menambah berat badannya. Ibu dapat menambah cincangan daging sapi dengan bubur bayi bersama dengan sayuran yang biasa ibu buat setiap hari untuk si kecil. Bukan hanya bagi bayi saja nyatanya daging sapi ini juga dapat membantu menambah berat badan orang dewasa juga.

  1.       Keju

Kemudian ada keju yang merupakan salah satu makanan yang menjadi pilihan untuk ibu diberikan kepada si kecil agar cepat gemuk. Keju memiliki kandungan semua nutrisi pada susu murni sebab memang keju terbuat dari susu. Kandungan tersebut adalah lemak, protein, kalsium dan juga vitamin. Selain bisa untuk menggemukkan keju juga berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Ibu dapat mencampurkan keju ke dalam bubur atau nasi tim yang sudah ibu buat untuk si kecil setiap harinya.

  1.       Kacang merah

Bahan makanan berikutnya untuk bayi bisa cepat gemuk adalah kacang merah. Kacang merah mempunyai kandungan nutrisi yang bagus bagi bayi. Di dalam kacang merah mempunyai kandungan karbohidrat yang kompleks yang dapat membantu bayi bisa gemuk, selain itu kandungan seratnya akan baik untuk proses pencernaan bayi.

  1.       Kacang hijau

Memang pada dasarnya bahwa bahan makanan kacang-kacangan dapat membantu untuk menggemukkan badan baik orang dewasa maupun bayi. Kacang hijau mempunyai kandungan kalori yang banyak yang akan efektif untuk membuat badan bayi menjadi gemuk. Selain itu kacang hijau juga memiliki kandungan protein, vitamin A, fosfor serta zat besi yang bagus bagi kesehatan si kecil. Penelitian sudah membuktikan bahwa kacang hijau dapat untuk menurunkan demam pada bayi. Kamu bisa mengolah kacang hijau menjadi sari kacang hijau khusus untuk bayi.

  1.       Alpukat

Makanan berikutnya ada buah alpukat. Buah yang mempunyai tekstur lunak ini mempunyai kandungan lemak tidak jenuh yang dapat membuat berat badan bayi bisa menjadi gemuk dan sehat. Selain hal itu lemak yang tidak jenuh serta kandungan lain misalnya potasium, asam folat serta vitamin E dan B juga bagus untuk perkembangan otak bayi. Kamu dapat mengolahnya menjadikan alpukat sebagai jus atau menghancurkannya lalu memberinya sedikit gula. Tetapi perlu diketahui bahwa ada beberapa bayi yang memiliki alergi terhadap bauh ini, bila bayi memiliki alergi sebaiknya tidak usah diberikan.

  1.       Pisang

Berikutnya ada buah pisang buah ini mempunyai banyak sekali manfaat untuk bayi salah satunya untuk melancarkan pencernaan, dan dapat meningkatkan kesehatan tulang serta bisa memberi energi bagi bayi. Tidak sekedar itu saja pisang memiliki kandungan gula alami yang bisa membantu bayi menjadi gemuk. Mengolahnya juga cukup mudah, ibu hanya perlu menghaluskan pisang lalu berikan pada bayi setiap pagi atau pada sore hari.

  1.       Ubi jalar

Pixabay.com

Ubi jalar memiliki kandungan kalori yang tinggi dan bagus untuk menggemukkan bayi. Tidak hanya itu saja ibu jalar juga memiliki kandungan vitamin D yang bagus bagi pertumbuhan tulang serta giginya. Selain hal itu ubi jalar juga dapat membantu menjaga daya tahan bayi. Ibu bisa mengolahnya dengan cara merebus ubi jalar kemudian menghaluskannya dengan menjadikannya sebagai bubur.