Cara Termudah Copy Paste Website Yang Tidak Bisa Dicopy

Tahukah Anda jika sebenarnya ada cara copy paste website yang tidak bisa dicopy. Karena alasan tertentu, ada sebagian pemilik website yang memilih tindakan seperti ini. Mungkin saja mereka tidak ingin konten website miliknya di-copy paste oleh pihak lain.

Jika Anda mengalami keadaan seperti ini, biasanya apa yang dilakukan? Rata-rata pasti memilih website lain yang isi kontennya bisa di-copy. Padahal di satu sisi Anda ingin sekali menyalin isi konten website tersebut.

Sebenarnya Anda masih bisa menyalin isi konten website tersebut. Sama halnya dengan mencari layanan Hosting Murah, cara untuk menyalin website yang tidak bisa dicopy pun sangat mudah. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana caranya?

Matikan Javascript Terlebih Dahulu

Untuk Anda yang ingin menyalin artikel dalam website yang tidak bisa dicopy, maka bisa dengan mematikan JavaScript terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara mematikannya? Beda browser yang digunakan, maka akan berbeda cara mematikan Javascript. Untuk lebih jelasnya, perhatikan ulasannya di bawah ini.

  1. Mematikan Javascript pada Mozilla Firefox

Untuk Anda yang lebih sering menggunakan Firefox sebagai browsernya, langsung saja ketik about:config pada address bar. Kemudian lanjutkan dengan memilih opsi I’ll be careful. I Promise. Lalu pada kolom pencarian cari Javascript.enabled. Untuk mematikannya Anda tinggal mengkliknya sebanyak dua kali.

  1. Mematikan Javascript pada Google Chrome

Untuk mematikan Javasrcipt pada Chrome, langsung saja klik kanan pada menu yang ada di pojok kanan atas. Biasanya berbentuk titik tiga. Setelah itu pilih Setting >Advanced. Scroll ke bawah pada bagian Privacy and security> Content setting > klik JavaScript> Allowed (recommended).

Yang perlu diingat adalah beda browser yang digunakan biasanya berbeda pula cara mematikan Javascript. Artinya untuk yang menggunakan browser selain dua di atas maka harus mencari cara mematikan Javascript sendiri.

Namun yang jelas adalah untuk copy paste website yang tidak bisa dicopy ini, mematikan Javascript pada browser adalah pilihan paling mudah yang bisa dipilih. Apalagi secara hasil pun sudah sangat terbukti.

Maksimalkan Ekstensi Browser

Agar bisa copy paste website yang tidak bisa dicopy, Anda pun bisa menggunakan opsi yang kedua ini. Yakni dengan menggunakan ekstensi browser Absolute Enable Right Click & Copy.

Untuk Anda yang menggunakan Google Chrome, ekstensi ini bernama RighttoCopy. Sementara itu untuk pengguna Mozilla Firefox bisa menggunakan Absolute Enable Right Click & Copy.

Keduanya secara fungsi sama saja. Selain itu keduanya pun bisa didapatkan secara gratis. Dan yang paling penting lagi adalah ukuran dari kedua ekstensi tadi bisa dikatakan sangat kecil. Dan juga bebas dari malware maupun adware.

Menggunakan Pesan Dialog Print

Cara copy paste website yang tidak bisa dicopy berikutnya adalah dengan menggunakan pesan dialog print. Kelebihan dati opsi ketiga ini adalah umumnya setiap browser menyediakan perintah mencetak halaman website secara instan.

Sementara itu untuk caranya sendiri pun bisa dikatakan sangat mudah dan simpel. Sebab Anda tinggal membuka halaman website yang ingin dicopy. Setelah itu tekan Ctrl + P pada tombol keyboard.

Setelah Anda menekannya, lihat bagian sebelah kanan (Preview). Kemudian langsung saja salin teks lalu paste teks tersebut. Setelah selesai menyalinnya, tekan Cancel untuk mengakhiri perintah tersebut.

Ubah Situs ke Mode AMP

Cara lain yang bisa Anda pilih adalah dengan memanfaatkan versi AMP dari website. AMP sendiri merupakan singkatan dari Accelerated Mobile Pages. Nah, dalam bahasa mudahnya AMP ini adalah versi halaman yang lebih ringan dari website.

Dengan demikian ada beberapa elemen yang dihilangkan. Maka dari itu fitur anti-copy paste sudah pasti tidak ada di sini. Opsi ini sebenarnya lebih sering digunakan pada smartphone. Tetapi sebenarnya bisa digunakan pada PC maupun Laptop.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan opsi ini pada PC maupun Laptop, tinggal tambahkan “amp” pada akhir URL website yang ingin dicopy. Contohnya https://cara-memelihara-ikan-teri/. Tinggal Anda ubah menjadi https://cara-memelihara-ikan-teri/amp.

Setelah itu Anda akan terhubung dengan halaman AMP website tersebut. Di halaman AMP ini Anda bisa menyalinnya. Tetapi yang harus diingat adalah ada sebagian website yang belum mendukung AMP ini.

Sebenarnya mudah sekali untuk mengakali website yang tidak bisa dicopy. Sayangnya selama ini masih ada cukup banyak yang belum tahu caranya. Artinya cara copy paste website yang tidak bisa dicopy sebenarnya bukan hal yang sulit.