Cara Menulis Allah Subhanahu Wa Ta’ala Arab

Bagaimana cara menulis Arab di Word? Mungkin anda mengalami kesulitan. Menulis kalimat dalam bahasa Arab bisa dilakukan setelah memperbarui pengaturan. Misalnya anda ingin menulisnya melalui komputer. Untuk bisa menuliskan kalimat Arab maka bagian pengaturan harus disesuaikan terlebih dahulu dalam bahasa Arab. Jika pada komputer tidak tersedia bahasa Arab maka anda perlu menginstal software khusus yang menyediakan pengetikan huruf Arab.

Menuliskan kalimat dalam bahasa Arab sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa cara pintas untuk menuliskan kalimat Arab. Termasuk ketika anda ingin menuliskan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Anda bisa menuliskannya dalam bahasa Arab melalui word. Microsoft Word sebenarnya sudah dilengkapi dengan berbagai kode khusus. Kode – kode ini bisa digunakan untuk menuliskan kalimat dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Arab.

Cara Menulis Allah Subhanahu Wa Ta’ala Arab

Pixabay.com

Penasaran bagaimana cara menuliskan kalimat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam bahasa Arab? Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini. Sebelum menuliskan kalimat tersebut dalam bahasa Arab alangkah baiknya jika anda menyiapkan pengaturannya terlebih dahulu. Pastikan komputer atau gadget anda mendukung bahasa Arab. Anda bisa mulai menyiapkan Unicode. Unicode inilah yang akan membantu anda dalam menulis Arab.

Unicode sendiri merupakan sebuah standar industri yang mana bisa digunakan untuk menuliskan kalimat dalam berbagai bahasa. Semua tulisan bahasa di dunia bisa ditampilkan melalui Unicode. Siapkan terlebih dahulu unicode untuk menulis Arab. Bagian ini menjadi bagian penting untuk bisa menulis Arab di Word. Lalu bagaimana cara menggunakan Unicode? Mungkin anda masih penasaran bagaimana cara bisa menulis Arab menggunakan Unicode. Caranya sangat sederhana karena beberapa kalimat sudah ada codenya.

Bagi anda yang ingin menuliskan kalimat Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam bahasa Arab maka bisa menuliskannya dengan memanfaatkan Unicode. Masukan kode yang sudah ada mengenai kalimat yang ingin anda tulis. Misalnya ingin menuliskan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam bahasa Arab maka anda bisa menekan beberapa kode yang sudah disediakan. Jika kalimat yang ingin anda tulis belum kodenya dalam Unicode maka anda bisa mengcopy paste tulisan yang sudah disediakan.

Mengcopy tulisan yang sudah disediakan di Unicode akan mempermudah anda ketika ingin menulis kalimat dalam bahasa Arab. Kalimat – kalimat yang sangat sering dijumpai sudah disediakan di dalam Unicode. Cara mengcopy kalimat Arab tersebut bisa dilakukan dengan hanya mengcopynya biasa. Setelah itu anda bisa mengklik bagian paste untuk memunculkan kalimat yang telah dicopy. Apakah hanya bisa menggunakan kode yang sudah ada di Unicode? Tentu saja tidak. Masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk menuliskan kalimat Arab.

Pixabay.com

Cara lain untuk menuliskan bahasa Arab bisa dilakukan dengan menggunakan font islamic atau font khusus bahasa Arab. Untuk bisa menggunakan font bahasa Arab tentu anda harus menginstal aplikasinya. Ada aplikasi font Arab untuk memudahkan dalam penulisan kalimat Arab. Jika menggunakan font islamic proses penulisan Arab semakin mudah. Termasuk jika anda ingin menuliskan kalimat Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Cara menuliskan kalimat ini dalam bahasa Arab hanya dengan mengetik huruf l (L kecil). Blok huruf l tersebut dan ubah dalam font islamic maka akan muncul kalimat Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Menuliskan kalimat islami di dalam Word memang membutuhkan cara tersendiri. Pastikan komputer atau gadget yang digunakan mendukung penulisan bahasa Arab. Tidak semua gadget sudah dilengkapi dengan penulisan bahasa Arab. Jika komputer yang anda gunakan sudah menyediakan fitur bahasa yang beragam seperti tulisan Arab maka anda bisa langsung menuliskan kalimat yang anda inginkan. Namun jika komputer yang digunakan belum menyediakan bahasa Arab maka anda perlu memperbaruinya terlebih dahulu ataupun menginstal beberapa aplikasi pendukungnya.

Lafaz Allah Subhanahu Wa Ta’ala sendiri sering disingkat dengan Allah SWT. Lafaz ini sangat sering ditulis ataupun diucapkan. Wajar jika sudah banyak yang menyediakan kalimat lafaz tersebut dalam bahasa Arab. Disediakannya lafaz tersebut untuk mempermudah setiap orang yang ingin menuliskan lafaz tersebut dengan cepat dan tepat. Lafaz tersebut mempunyai arti “Maha Suci dan Maha Tinggi”.

Penulisan lafaz tersebut sering ditemukan setelah nama Allah. Tidak hanya dituliskan namun sering diucapkan setelah menyebut Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pada beberapa penulisan Arab lafaz tersebut biasanya sudah disediakan dengan kode – kode tertentu. Anda bisa mencari tahu kode penulisan lafaz tersebut untuk memudahkan penulisan Arab dalam Word. Tidak hanya menyediakan tulsian lafaz SAW dalam bahasa Arab saja melainkan juga menyediakan beberapa cara menulis cepat lafaz – lafaz lainnya yang sering diucapkan.

Itulah beberapa cara menulis Arab lafaz Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang paling mudah dilakukan. Temukan cara paling mudah yang bisa anda gunakan. Selain menggunakan tulisan yang sudah disediakan, anda juga bisa menulis sendiri lafaz tersebut secara manual. ┬áDua cara yang sudah dibahas di atas bisa anda coba dalam menuliskan bahasa Arab. Kunci paling utama untuk bisa menuliskan bahasa Arab dalam komputer adalah pastikan komputer anda memungkinkan fitur bahasa Arab. Tidak hanya menggunakan komputer, anda juga bisa menggunakan laptop maupun smartphone. Atau belajar di Kampung Arab Pare.