Contoh Penulisan Puisi untuk Hari Guru Terbaik

Hari guru merupakan sebuah momen peringatan yang didesikasikan untuk mengenang jasa-jasa guru. Pada hari guru sendiri biasanya memiliki satu segmen untuk mengenang jasa guru melalui puisi. Puisi untuk hari guru sendiri biasanya dibacakan dengan penuh penghayatan agar para pendengarnya bisa tersentuh.

Untuk membuat sebuah puisi di hari guru, tentu kamu harus menjadikan guru sebagai objek dari puisi. Kamu bisa membahas mengenai jasa, sosok guru idolamu, atau bahkan bagaimana perjuangan dari seorang guru. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membantu kamu dalam membuat sebuah puisi yang tepat dibawakan di hari guru.

Contoh Puisi Untuk Hari Guru

Untuk membuat sebuah puisi yang bagus di hari guru, kamu tentu harus memahami juga mengenai dasar dari puisi. Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak salah mendefinisikan jenis karya sastra yang satu ini. Pastikan bahwa kamu sudah memahami puisi tersebut sebelum memulai untuk membuatnya dan membawakannya di depan umum.

Pengenalan Terhadap Puisi

Sebelum memulai membuat puisi yang spesifik membahas guru, akan lebih baik jika kamu berkendalan dengan puisi terlebih dahulu. Singkatnya, puisi adalah salah satu dari jenis karya sastra dengan alunan sajak yang indah dan penuh makna. Perpaduan antara bait dan irama dalam puisi akan bisa menambah penghayatan ketika puisi tersebut dibawakan.

Selain dari segi penulisan, pembawaan puisi tentu harus juga menerapkan teknik yang tepat. Dengan penerapan teknik yang tepat, puisi akan jauh lebih hidup ketika didengar oleh orang di depan panggung.

Puisi juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi modern. Perbedaan yang mendasar dari jenis puisi tersebut antara lain terletak pada jumlah baris, sajak, serta bait. Puisi lama sangat memperhatikan unsur-unsur tersebut sementara puisi modern cenderung hadir dengan kemasan baru tanpa harus menggunakan unsur-unsur tersebut. Tentunya tidak ada yang salah dari kedua jenis puisi tersebut. Untuk itu, kamu bisa memilih jenis yang mana saja sesuai dengan selera masing-masing.

CONTOH puisi untuk hari guru 1

Contoh puisi yang pertama memiliki judul “Pahlawan sejati tanpa tanda jasa”. Puisi menceritakan mengenai bagaimana guru selama ini berjuang, namun tidak mengharapkan tanda jasa apa pun. Isi dari puisi tersebut adalah sebagai berikut:

Wahai guruku

Engakaulah sosok panutan dalam hidupku

Sosok pahlawan sejati yang sangat mulia

Kau korbankan hidupmu meski tanpa tanda jasa

Wahai guruku

Telah kau jalankan amanah itu

Selama jangka waktu yang telah berlalu

Kau rubah sifat buruk dalam hidupku

Wahai guruku

Ijinklah diriku

Suatu saat nanti

Membalas segala kebaikanmu ini

 

Contoh puisi untuk hari guru 2

Contoh puisi berikutnya memiliki judul “Sosok idaman tanpa letih”. Puisi ini bercerita mengenai perjuangan guru meski badai terus menghantui secara bertubi-tubi. Isi dari puisi tersebut adalah sebagai berikut:

Engkau memang manusia pada umumnya

Engkau hadir di kala aku tak punya etika

Tanpa ragu kau ajarkan aku mengenai beberapa perkara

Hingga akhirnya aku bisa melakukannya

Enam hari kita bertemu

Tak pernah engkau merasa ragu

Kau berikan seluruh kemampuanmu

Untuk membuat aku bisa lebih maju

Wahai guruku

Terima kasih atas semua perjuanganmu

Mungkin aku tidak bisa mengganti semua jasamu

Namun terimalah rasa hormatku

Wahai pahlawan sejati

Teruslah engkat mengabdi

Buatlah seluruh anak di negeri ini

Menjadi insan yang dirahmati

Puisi untuk hari guru 3

Contoh puisi berikutnya berjudul “Semangat meraih asa”. Puisi ini menggambarkan bagaimana semangat sejati dari seorang guru. Isi dari puisi tersebut adalah sebagai berikut:

Entah sudah berapa kali kita bertemu

Setiap hari menjadi hari perjuanganmu

Aku paham jika terkadang kamu mulai ragu

Mengenai bagaimana masa depan anak didikmu

Wahai guruku

Aku tahu kamu terus berusaha semampumu

Maafkan kamu yang terkadang menyusahkanmu

Maafkan kamu atas segala kesalah pahaman terhadapmu

Wahai sang pahlawan

Hanya kata terima kasih yang saat ini ku bisa berikan

Maafkan jika hingga hari ini

Aku belum bisa membalas semua perjuanganmu ini

Satu hal yang perlu engkau tahu

Aku pintar karenamu

Aku sukses juga karenamu

Terima kasih dariku

Meski itu mungkin tidak terlalu berharga bagimu

Setidaknya aku menunjukkan seberapa sayangnya kamu terhadapmu

Untukmu sang pahlawan sejati

Terima kasih kamu ucapkan dari dalam lubuk hati ini

Kesimpulan

Jika kita mendengar puisi untuk hari guru, tentu pembahasan dari tema puisi tidak lepas dari seberapa hebatnya perjuangan dari seorang guru. Untuk itu, jika kamu tertarik untuk membuat puisi mengenai guru, cobalah sampaikan keresahan dan gambaranmu terhadap guru. Pastikan kamu memilih diksi yang tepat agar puisi yang kamu buat bisa menjadi puisi terbaik untuk dibacakan di depan gurumu.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai puisi untuk hari guru. Atau kalian bisa mencari contoh lainnya dengan klik di sini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat sebuah puisi menarik di hari guru. Pastikan kamu sudah memahami mengenai stuktur dari puisi sehingga kamu akan lebih mudak ketika menulis naskahnya. Cobalah buat satu puisi untuk guru dan bacakan di depan gurumu!