Mengenal Mukjizat Alquran

 

Mukjizat sendiri adalah kejadian maupun peristiwa yang sulit dilogika atau dinalar dengan kemampuan akal manusia. Mukjizat ini sendiri juga diartikan sebagai segala sesuatu yang luar biasa dan diperlihatkan oleh Allah melalui para nabi dan rasul-NYA sebagai salah satu bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulannya.

Mengenal Pengertian Mukjizat

Mukjizat sendiri berasal dari Bahasa Arab taitua’jaza yang memiliki arti melemahkan maupun menjadikan tidak mampu. Sedangkan untuk kata a’jaza sendiri juga memiliki arti tidak memiliki kekuatan atau lemah. Pelakunya dinamakan dengan mukjiz. Sedangkan jika kemampuannya melemahkan pihak lain sehingga mampu untuk melemahkan lawan maka dinamai dengan mu’jizat.

Maka seluruh rangkuman dari pengertian mukjizat ini sendiri adalah salah satu peristiwa, urusan, maupun perkara yang luar biasa bahkan dibarengi dengan tantangan yang tidak bisa dikalahkan. Di dalam Al-Quran menantang orang-orang Arab, mereka juga tidak kuasa melawan meskipun mereka adalah orang-orang yang fasih karena tiada hal lain karena Al-Quran sendiri adalah Mukjizat dari Allah SWT.

Mengenal Unsur Mukjizat

Ada beberapa unsur yang harus disertai sesuatu hingga hal tersebut disebut sebuah mukjizat. Untuk beberapa unsur tersebut diantaranya adalah:

  • Hal atau Peristiwa yang Luar Biasa.

Ada beberapa hal yang dimaksud luar biasa yaitu sesuatu yang berada di luar jangkauan karena sebab akibat yang sudah diketahui secara umum dasar dan hukumnya.

  • Terjadi Karena Dipaparkan oleh Seorang yang Mengaku Nabi.

Jika ada beberapa hal luar biasa terjadi bahkan bukan dari seseorang yang mengaki nabi, maka hal tersebut tidak akan disebut dengan mukjizat. Hal ini juga harus dibarengi dengan pengakuannya sebagai nabi bukan sebelumnya.

  • Tantangan yang Gagal atau Tidak Mampu Dilakukan.

Jika tantangan berhasil dilakukan oleh seseorang tersebut, maka hal ini diartikan bahwa pengakuan sang penantang tersebut tidak terbukti.

Informasi Penting Seputar Mukjizat Al-Quran

Jadi, itulah sebagian unsur-unsur yang bisa dikatakan sebagai mukjizat. Sejatinya, mukjizat Alquran ini bukan sebatas tantangan Nabi SAW kepada orang Arab untuk membuat sebuah bacaan yang sebanding maupun mirip dengan Al-Quran. Al-Quran sendiri adalah salah satu mukjizatnya Nabi Muhammad SAW yang di dalamnya berisi petunjuk yang akan mengantarkan umat di dunia ini dalam meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.

Keagungan dan kesempurnaan dari Al-Quran ini bukan hanya diketahui maupun dirasakan oleh beberapa orang yang percaya dan mengharapkan petunjuk-petunjuknya. Namun, juga semua orang yang bahkan sudah mengenal dekat dengan Al-Quran. Di dalam Al-Quran sendiri juga sudah memberikan petunjuk dari beberapa bidang seperti akidah ketuhanan, persoalan metafisika, akhlak, dan beberapa hukum yang berkaitan tentang agama.

Di dalam bidang syariat, Al-Quran ini sendiri juga memberikan beberapa peraturan yang akan mengatur hubungan antar manusia dengan sesamanya. Baik sesama muslim non-muslim, di rumah, di dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa, bahkan lingkungan di seluruh dunia.

Ada sisi keistimewaan dari petunjuk Al-Quran ini sendiri yang terlihat dari prinsip yang ditunjukkannya yaitu prinsip yang memiliki fungsi dengan sebutan hak veto terhadap beberapa perincian dari ketetapan-ketetapannya. Perincian ketetapan yang ada di dalam Al-Quran ini bahkan bisa disetujui maupun bisa juga ditolak.

Sebagai contohnya apabila membenarkan seseorang untuk boleh memakan daging babi apabila sedang berada dalam keadaan yang darurat atau tidak ada makanan lain yang bisa dimakan. Bahkan dengan kewajiban puasa Ramadhan yang juga bisa dikecualikan apabila bagi mereka yang kesulitan dalam melaksanakannya seperti memiliki penyakit parah maupun orang tua yang sakit-sakitan dan tidak mampu lagi untuk berpuasa.

Mukjizat Alquran di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan ini, tentu banyak orang muslim yang akan menambah kegiatan beribadah mereka dengan beramal, mengaji, dan lain sebagainya. Beberapa orang muslim pastinya ingin mengincar banyaknya pahala di bulan suci ini. Bahkan beberapa orang muslim juga akan berlomba-lomba untuk khatam Alquran di bulan Ramadhan ini.

Mendengarkan murrotal Alquran juga seringkali dilakukan oleh banyak orang baik ketika sedang bekerja, sedang berada dalam perjalanan, dan lainnya. Cara yang dilakukan oleh banyak orang tersebut dengan download mp3 Al Quran per juz. Mukjizat Alquran ini memang semakin dirasakan di bulan Ramadhan.

Di mana bulan Ramadhan ini juga merupakan bulan yang sangat tepat bagi permulaan dari Nuzulul Quran. Hal ini merupakan momen yang sangat sakral bagi umat muslim untuk meningkatkan interaksinya dengan membaca, mempelajari, menghafalkan bahkan mengamalkan Alquran.

Kitab suci yang turun melalui perantaraan Jibril, malaikat yang memiliki 1000 sayap. Kemudian diterima oleh Nabi Muhammad SAW utusan Allah yang terakhir. Menjadi perantara dalam pemberi syafaat Allah di hari kiamat dengan mengikuti ajaran dan sunnah Beliau. Anda bisa terus mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran dengan cara download mp3 Al Quran per juz.