Perubahan Jadwal dan Tips Mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer 2020

Tes masuk perguruan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain UN yang dihapus, siswa 12 harus mempersiapkan diri kalau ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Persiapan yang dibutuhkan adalah nilai serta Ujian Tertulis Berbasis Komputer sebagai metode seleksi lolos atau tidaknya calon mahasiswa ke perguruan tinggi pilihan.

Perubahan Jadwal dan Belum Pastinya UTBK SBMPTN 2020

Penyelenggaraan UTBK 2020 diundur berdasarkan Surat Edaran Nomor 09/SE.LTMPT/2020. UTBK merupakan syarat utama bagi siswa yang ingin mengikuti SBMPTN. UTBK pendaftaran digelar pada tanggal 30 Maret sampai 11 April 2020 sedangkan tes UTBK dilakukan pada tanggal 20-26 April 2020. Seharusnya UTBK tahap kedua digelar pada 14-16 April sedangkan tes digelar 1-3 Mei 2020.

UTBK tetap dilaksanakan tetapi harus memerhatikan protokol pencegahan wabah corona sesuai anjuran pemerintah pusat. Oleh karena itu, kepada calon mahasiswa tetap memantau perkembangan informasi mengenai pelaksanaan UTBK melalui lembaga Tes Masuk perguruan Tinggi (LTMPT).

UTBK diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang terdiri atas dua jenis tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetisi Akademik (TKA). Tahun 2019 kemarin UTBK diselenggarakan secara tertulis berbeda dengan tahun ini. Nilai UTBK akan digunakan sebagai pelengkap persyaratan wajib masuk perguruan tinggi melalui dua jalur, yaitu SBMPTN dan UM.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah tes tertulis sebelum masuk perguruan tinggi negeri. Materi yang diujikan dalam tes SBMPTN terbagi menjadi tiga, terdiri atas IPA, IPS, dan IPC. Berbeda dari tahun sebelumnya, SBMPTN tahun ini bersifat seleksi saja.

Setelah siswa atau lulusan SMA sederajat mendaftar SBMPTN sesuai PTN impian maka pihak perguruan tinggi yang menentukan lolos atau tidaknya siswa. Penilaian sesuai dengan kriteria dari perguruan tinggi masing-masing dari hasil UTBK yang dilakukan siswa.

stocksnap.io

Tips Mempersiapkan Diri Lolos Universitas Negeri Idaman dengan Ujian Tertulis Berbasis Komputer selama Pandemi Corona

Sembari menantikan pengumuman lebih lanjut terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020, ada baiknya siswa mempersiapkan dir rumah sebaikbaiknya. Mengingat korban positif wabah corona setiap hari mengalami peningkatan dan belum ada tanda penurunan. Oleh karena itu, memaksimalkan waktu selama di rumah adalah upaya terbaik untuk belajar agar lolos SBMPTN 2020.

  • Pertama, pastikan menjaga kesehatan. Nantinya UTBK SBMPTN dilaksanakan di depan layar komputer selama beberapa jam, bisa lebih 3 jam. Sebaiknya jaga kesehatan agar mudah mengerjakan soal dengan maksimal. Jangan sampai terlalu lelah menghadap layar komputer akibat kondisi fisik yang kurang sehat.

Sebelum UTBK diselenggarakan, upayakan tidur tepat waktu, tidak perlu memaksakan diri ketika belajar, dan penuhi asupan gizi. Jika dirasa perlu, puasa menggunakan gawai agar konsentrasi lebih maksimal dalam mengerjakan soal. Konsumsi vitamin dan suplemen untuk meningkatkan daya tambah tubuh agar terhindar dari virus corona yang sedang marak.

stocksnap.io
  • Perbanyak mengerjakan dan membaca soal HOTS (High Order Thinking Skill), Mengerjakan soal HOTS memberikan bobot penilaian lebih tinggi da membantu siswa mendapat nilai lebih baik sebagai bekal lolos ke juruan idaman. Soal HOTS mudah ditemukan di internet. Kerjakan soal yang kiranya mudah terlebih dahulu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kalau ada soal yang belum bisa dikerjakan atau belum menemukan jawaban, tandai. Pelajari soal tersebut sampai menemukan metode jawaban tepat.
  • Bisa melatih diri dengan mengerjakan soal ujian UTBK SBMPTN. Berlatih tidak peduli waktu tetapi tetap menjaga kesehatan tubuh. Upayakan mengerjakan soal prediksi UTBK SBMPTN di tempat yang terang dan tidak sampai larut malam. Siswa bisa mengerjakan beberapa soal, seperti¬† dari saintek maupun soshum.
  • Mulailah membiasakan diri menggunakan komputer selama mengerjakan soal latihan UTBK SBMPTN. Gunakan laptop di rumah untuk mengikuti semua tes yang dilakukan secara daring. Sudah banyak platform yang menyediakan tes UTBK secara gratis di internet. Siswa perlu membiasakan diri mengikuti tes UTBK SBMPTN secara daring untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengetahui teknis pengerjaan. Dengan begitu ketika ikut ITBK SBMPTN asli siswa tidak canggung dan kebingungan dalam memulai maupun mengerjakan.
  • Asah kemampuan menjawab soal secara cepat dan tepat. Semakin sering meluangkan waktu membahas soal HOTS secara otomatis akan terlatih menjawab soal lebih cepat dan tepat. Faktor yang menentukan keberhasilan UTBK SBMPTN adalah kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal mengingat pengerjaan ada batasan waktunya, khusus TKPA.
  • Meningkatkan rasa percaya diri sebelum menghadapi UTBK dengan mencari informasi perihal soal, jawaban, proses, syarat, prosedur, dan sebagainya. Percaya diri memengaruhi mental ketika menghadapi tes UTBK SBMPTN 2020.¬† Segala hal yang kiranya tidak berdampak positif terhadap proses UTBK hindari atau bisa disingkirkan sejenak.
  • Terakhir, menghindari kesalahan teknis, seperti masalah gawai yang tidak tersambung ke listrik, jaringan internet lambat, dan sebagainya. Kondisi seperti itu bisa berpengaruh terhadap mental sehingga ketika berhadapan dengan soal tidak bisa konsentrasi serta semakin down. Pastikan segala teknis UTBK SBMPTN 2020 sudah terpenuhi dengan baik.

Selesai sudah penjelasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga informasi di atas memberikan wawasan baru bagi Anda mengenai persiapan atau try out UTBK. Terima kasih.